HelloFest 8 Anima Expo - February 2012

Tahun  2012 ini Hellofest kembali digelar untuk ke-8 kalinya. Festival tahunan yang digagas oleh HelloMotion yang merupakan induk usaha dari HelloMotion Academy School of Animation & Creativity ini, hadir dengan nama baru HelloFest 8 Anima Expo dan akan diselenggarakan pada Sabtu, 4 Februari 2012 mendatang.

Dengan konten acara utama yaitu Festival Film Pendek (HelloFest Movies), Kompetisi Cosplay (KostuMasa) dan Eksibisi produk-produk Pop Culture (PasarHelloFest), HelloFest 8 Anima Expo tetap bertujuan menjadi wadah kreatif khususnya bagi anak muda untuk berani mengekspresikan diri mereka melalui karya, selain turut mengembangkan budaya pop di Indonesia.

Bertempat di gedung Balai Kartini, Jakarta, HelloFest 8 Anima Expo memiliki area yang luas dibanding tahun sebelumnya yaitu Nusa Indah Theatre dan Kartika Expo dan tetap tanpa mengenakan ticket masuk alias gratis dengan jadwal acara dari jam 10.00 – 22.00 WIB.

Festival film pendek yang pendaftarannya dibuka selama 2 bulan mendapat respon yang luar biasa yaitu sebanyak 304 karya film terdaftar. Namun, hanya 20 film terbaik sebagai finalis yang akan dipertontonkan di big screen pada main stage yang disaksikan oleh 1000 penonton, sedangkan 80 karya semifinalis diputar pada screen yang terdapat di Balai Kartini. 4 kategori karya film terbaik adalah untuk Best movie, Best Favorite Movie, Best Animation, Best Non Animation. Lima karya terbaik dari kategori animasi juga akan diikutsertakan di ASIAGRAPH – Tokyo dimana penggagas Hellofest, Wahyu Aditya, merupakan salah satu anggota Committee ASIAGRAPH.

Peserta KostuMasa tahun ini juga mencapai rekor tertinggi yaitu 1105 peserta. Angka ini kami klaim sebagai rekor costume player (Cosplay) terbanyak di Indonesia. KostuMasa sendiri dapat dijadikan sebagai ajang asah kreatifitas peserta dalam berekspresi dan menciptakan kostum yang unik.
Besarnya animo masyarakat menyambut Hellofest 8 di social network (Twitter dan Facebook) serta gencarnya promosi yang dilakukan oleh media partner, membuat panitia menargetkan > 10.000 pengunjung akan memadati area Hellofest 8.

Pasar Hellofest menyediakan kapasitas booth yang lebih banyak, kondisi ini didukung oleh para pelaku industry kreatif di Indonesia yang mulai menjamur. Eksibisi di Pasar Hellofest akan menghadirkan 10.000 produk pop culture diantaranya action figure, komik, street fashion, movie merchandise, sneaker, gadget dan produk kreatif lainnya serta festival makanan.

25 kelompok kategori yang masuk sebagai partisipan di dalam acara HelloFest, yaitu:
Film Pendek, Cosplay, Toys, Pameran, Pop Apparel, Action Figure, Urban T Shirt, Komik, Komunitas Kreatif, Demonstrasi Kreatif, Konten Kreatif, Kompetisi Kreatif, Indie Movement, Barang Koleksi, Mesin Kreatif, Manga & Anime, Amusement, Desain, Grafitti, Photography, Games, Otaku, Inovasi Kreatif, Merchandise, Fast Food.

Apakah saya harus menggunakan kostum untuk datang ke HelloFest ?
HelloFest bertujuan menciptakan dunia fantasi dalam 1 hari bagi pengunjung. Kalian boleh menjadi siapa saja dan apa saja. Tetapi apabila tidak nyaman, cukup menggunakan pakaian “biasa” saja tidak mengapa kok :)

Siapa penggagas acara HelloFest ? ?
Acara ini digagas oleh tim HelloMotion Academy pada tahun 2004. Berawal dari inisiatif untuk membuat graduation show bagi murid - murid mereka yang sudah lulus, namun ditengah jalan berubah konsep menjadi festival film pendek tingkat nasional.

Dunia Aretha
Share
Related Stories Widget by LinkWithin