Pementasan Teater Tanah Air "TIMUN MAS" - Desember 2011

Teater Tanah Air (TTA) merupakan kelompok teater bentukan Jose Rizal Manua pada 14 September 1978. Di awal, ia bertindak sebagai sutradara, mentor, juga manajer. Seiring usia, TTA sudah naik pentas di mana-mana, sebut saja Taman Ismail Marzuki dan Jakarta Arts House, hingga turut ambil bagian dalam Festival Teater Anak Asia Pasifik di Jepang dan Festival Teater Anak Dunia yang ke-10 di Rusia. Kini, kelompok teater ini sudah menjadi rumah bagi lebih dari 150 anak-anak dan remaja yang menjadi anggotanya.
TTA sudah memainkan beragam naskah; Indonesia atau internasional. Di antaranya,Hamlet, Oidipus Rex, Antigone, Rashomon, Si Badul dan Anak Ondel-Ondel, Kapai-kapai, Spectacle PEACE a Visual Theatre Performance, dan Desember ini, mereka akan memainkan sebuah sandiwara nyanyi Timun Mas.
Ini adalah sebuah naskah karya Remi Silado yang terinspirasi oleh cerita rakyat berjudul sama; Timun Mas. Dikemas dalam bentuk pementasan berbalut nyanyian, Timun Mas mengisahkan Timun Mas yang menginjak usia 17 tahun dan harus diserahkan pada Buto Ijo. Mbok Tumi, pengasuh Timun Mas sejak bayi, tidak tega jika peristiwa ini betul terjadi. Simbok lalu minta bantuan peri. Melalui tukang obat, Timun Mas diberi resep biji timun, garam, merica, jarum, dan terasi untuk melawan Buto Ijo.
Jika melihat sinopsis, kisahan yang ditawarkan TTA tidak punya perbedaan dengan cerita rakyat yang sudah kita kenal. Tapi, bagaimana jika cerita ini lalu dibalut dalam sebuah pementasan teater musikal? Cukup bikin penasaran.
Sandiwara Nyanyi Timun Mas akan tampil di Graha Bakti Budaya, TIM, pada 17-18 Desember 2011, jam 15.30 dan 19.30. Nama-nama inilah yang antara lain akan muncul di atas panggung: Renny Djajoesman, Gandung Bondowoso, Dadang Badoet, Pepeng, David Karo-karo, Niken Flora Rinjani, Nilam Zubir, dan John Mini. HTM: Rp100.000, Rp50.000, dan Rp30.000.

Dunia Aretha
Share
Related Stories Widget by LinkWithin