Pasar Seni ISI 2011 ”Go Green, Let’s be Creative” - Apr 2011

Penyelenggaraan Pasar Seni sebagai event akhir tahun yang diselenggarakan oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta dengan waktu penyelenggaraan dalam waktu yang singkat namun padat dengan berbagai jenis event dan kegiatan dimana dalam acara tersebut menggabungkan antara lain bergam lomba kreatifitas, pameran, bazaar, workshop, lomba, karnaval, panggung hiburan, dan aneka kegiatan lainya yang bernuansa seni. Untuk penyelenggaraan pasar seni  dengan nama Pasar Seni ISI 2011 dimana event kali ini mengambil tema ”Go Green, Let’s be Creative” yang bertujuan agar generasi muda lebih peduli dan mengikuti pola hidup yang ramah lingkungan (green life-style), selain itu juga bertujuan untuk memperkenalkan potensi ISI Surakarta sebagai perguruan tinggi seni, khususnya Fakultas Seni Rupa dan Desain kepada masyarakat umum dengan segmentasi prioritas dari tingkat anak-anak sampai kaum muda (siswa SMU/SMK), melalui berbagai kegiatan festival, lomba, parade, workshop, pameran dan kegiatan pendukung lainnya sebagai wadah unjuk kreatifitas dan ekspresi kaum muda untuk berkarya dan berkreasi secara positif. 

Manfaat yang ingin dicapai dari Pasar Seni adalah dengan berbagai kegiatan yang berbasis kreativitas untuk anak muda diharapkan nantinya menjadi generasi muda yang kreatif dan inovatif, selain itu bisa menjadi media promosi bagi ISI Surakarta sebagai perguruan tinggi seni di wilayah Surakarta khususnya, dan wilayah Jawa Tengah pada umumnya agar lebih dikenal oleh masyarakat.

Kegiatan Pasar Seni perlu dilakukan sebagai salah satu bentuk ekspresi dan apresiasi seni rupa dan desain di kalangan anak muda dan masyarakat umum. Kegiatan Pasar Seni merupakan salah satu bentuk mengenalkan potensi seni rupa dan desain melalui agenda kegiatan yang berupa aneka lomba, workshop, festival, dan kegiatan kreatif lainnya sebagai publikasi potensi dan hasil karya civitas akedemika agar kemampuan yang mereka miliki dapat diketahui oleh para stakeholder dan masyarakat luas agar lebih mengenal FSRD ISI Surakarta. Dengan terapresiasikannya karya dari berbagai hasil lomba serta civitas akademika seni rupa dan desain dalam bentuk kegiatan kreatif ini, diharapkan akan terwujudnya citra FSRD ISI Surakarta pada khususnya dan ISI Surakarta pada umumnya sebagai institusi pendidikan seni yang berkualitas serta mendorong munculnya ide-ide kreatif yang diharapkan dapat mendukung program pemerintah di bidang ekonomi kreatif.

Agenda dan Jadwal Kegiatan
Kegiatan Pasar Seni pada hari Sabtu – Minggu, 2-3 April 2011 dengan diawali acara pembukaan : Sabtu, 2 April 2011 mulai jam 09.00 WIB – selesai di lokasi di sekitar Gapura Utara, Kampus Kentingan ISI Surakarta.

1. Kegiatan Pre Event Pasar Seni : Workshop Seni Rupa dan Desain bagi Siswa SMU/SMK (Tanpa Dipungut Biaya atau Gratis)
§  Workshop Batik : Senin, 28 Maret 2011 di Studio Keramik, Jurusan Kriya Seni
§  Workshop Lukis Kaca : Selasa, 29 Maret 2011 di Ruang Kuliah III H
§  Workshop Keramik : Rabu, 30 Maret 2011 di Studio Batik, Jurusan Kriya Seni
§  Workshop Video Musik Kreatif : Kamis, 31 Maret 2011 di Gd. F Jur.TV

2. Seminar Nasional Creativepreneurship sebagai Bekal di Masa Depan”
§  Seminar yang akan mengupas mengenai SDM sebagai aspek penting dalam berwirausaha (entrepreunership) untuk mendukung industri kreatif kepada generasi muda sebagi bekal di masa yang akan datang, maka seminar dengan tema Creativepreneurship sebagai Bekal di Masa Depan” dengan peserta dari para guru SMP, dan SMU/SMK, mahasiswa, dan masyarakat umum, dengan pembicara Prof. Dr. Dharsono (Guru Besar FSRD ISI Surakarta) dan Sabar Situmorang (Wirausahawan dan Pemilik Bisnis Industri Kreatif PT. Rocket Indonesia, Jakarta) dapat menjadi titik tolak pemikiran untuk menyiapkan generasi yang kreatif, inovatif dan mampu menjadi wirausahawan yang handal nantinya.
§  Kegiatan seminar akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 April 2011 di gedung Teater Besar ISI Surakarta mulai jam 09.00 wib sampai selesai.

3. Lomba Kreatifitas Anak Muda
- Young Photography Contest On The Spot : Sabtu – Minggu, 2-3 April 2011 di sekitar lokasi Pasar Seni (Kampus Kentingan)
- Urban Mural Art Competition : Sabtu -Minggu, 2-3 April 2011 di sekitar pagar tembok bagian selatan Kampus ISI Surakarta (Sekitar tembok Gedung F)
- Go Green Design Poster Competition : Minggu, 3 April 2011 di Gedung F Lt. Atas.
- Lomba Melukis dan Mewarnai Anak-Anak : Minggu, 3 April 2011 di Pendhapa ISI Surakarta

4. Happening Art dan Seni Instalasi
- Semua kegiatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu – Minggu, 2-3 April 2011
- Happening Art dan Seni Instalasi FSRD ISI Surakarta
- Komunitas Komik, Indie, Komunitas Mural, Komunitas Harajuku, serta komunitas kreatif lainnya.
- Kelompok musik difabel, Ekstra Kulikuler SMU/SMK, Parade Drumband TK dan SD, serta kelompok seni masyarakat umum lainnya.

5. Panggung Ekspresi Seni
- Semua kegiatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu – Minggu, 2-3 April 2011.
- Kegiatan potensi seni anak muda SMA/SMK Se Eks Karisidenan Surakarta dan pertunjukkan seni lainnya.

6. Pameran dan Bazzar Seni
-   Pameran Jurusan di FSRD ISI Surakarta.
-   Komunitas kreatif civitas akademik FSRD ISI Surakarta
-   Pameran kreatif hasil siswa SMU/SMK Se Eks Karisidenan Surakarta
-   Pameran Komunitas Komik dan komunitas kreatif lainnya.
-   Produk Industri Kreatif, Distro, dan lain-lainnya.

Sekretariat Pasar Seni ISI 2011 :
Gedung Jurusan Seni Media Rekam, Lt. II, FSRD ISI Surakarta, Jl. Ki Hajar Dewantara 19, Kentingan, Jebres, Surakarta, Telp. (0271) 647658 Ext. 1140, Fax. (0271) 646175, Website : http://pasarseni.isi-ska.ac.id atau hubungi Contact Person : R. Adi Prabowo, M.Sn Hp.08179461237






Telah dibaca :

 free web counter Counter Powered by  RedCounter Share
Related Stories Widget by LinkWithin